RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMPN 23
PEKANBARU
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester :
IX / 1 (satu)
Alokasi Waktu : 8
X 35 menit (4x pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
Memahami perang Dunia ke II
B.
Kompetensi Dasar
1.2
Mendes-kripsikan Perang Dunia II (termasuk penduduk-an Jepang) serta
pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia
C. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan
pembelajaran, siswa dapat :
a. Mengidentifikasi latar belakang terjadinya Perang Dunia II
b. Mengetahui pihak-pihak yang terlibat dalam perang Dunia II
c. Memahami akibat perang Dunia II
d. Mendiskripsikan pengaruh Perang Dunia I terhadap kehidupan politik
di Indonesia
e. Mendeskripsikan kondisi ekonomi diberbagai daerah di Indonesia pada
masa antara Perang Dunia I dan II
f. Mengidentifikasikan faktor-faktor penyebab dan menyusun kronologi
Perang Dunia II
g. Mendiskripsikan bentuk-bentuk perlawanan rakyat dan pergerakan
kebangsaan Indonesia di berbagai daerah pada masa pendudukan Jepang
D.
Materi Ajar
1.
latar belakang terjadinya
Perang Dunia II
2.
pihak-pihak yang terlibat dalam perang Dunia
II
3.
akibat perang Dunia II
4.
pengaruh Perang Dunia I
terhadap kehidupan politik di Indonesia
5.
kondisi ekonomi diberbagai
daerah di Indonesia pada masa antara Perang Dunia I dan II
6.
faktor-faktor penyebab dan
menyusun kronologi Perang Dunia II
7.
bentuk-bentuk perlawanan rakyat
dan pergerakan kebangsaan Indonesia di berbagai daerah pada masa pendudukan
Jepang
A. Metode Pengajaran :
a. Ceramah bervariasi
b. Tanya jawab
c. Penugasan
Model pembelajaran
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1-2
Tahapan
Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
Materi :
1.
latar belakang terjadinya
Perang Dunia II
2.
pihak-pihak yang terlibat
dalam perang Dunia II
3.
akibat perang Dunia II
4.
pengaruh Perang Dunia I
terhadap kehidupan politik di Indonesia
(Pada buku IPS untuk SMP/MTS KELAS IX halaman 15-31)
Pendahuluan :
v Pembukaan : salam, doa
v Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan
dan kerapian kelas.
v Apersepsi :
Apa itu perang?
|
10 menit
|
|
Dalam kegiatan inti guru :
F Siswa mengamati gambar mengenai perang Dunia ke II
F Siswa memperhatikan penjelasan dari guru.
F Melakukan tanya jawab antara guru-siswa maupun antar siswa
mengenai:
Ø Latarbelakang dan sebab perang Dunia I
Ø Pihak yang terlibat dalam perang dunia I
Ø Jalannya Perang Dunia I
Ø Akibat perang dunia I
Ø Kondisi Indonesia pada masa antara PD I dan PD II
F Memberikan tugas kepada siswa untuk menguraikan secara kronologis
latar belakang terjadinya Perang Dunia I dari awal sampai akhir beserta
akibat yang ditimbulkannya.
|
50 menit
|
Kegiatan Penutup
|
Dalam kegiatan penutup, guru:
o
Siswa diberikan kesempatan
untuk menanyakan tentang hal-hal yang belum dimengerti siswa
o
Guru bersama siswa bertanya
jawab dan meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
o
bersama-sama dengan peserta
didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
o
memberikan tugas rumah berupa
meringkas/membuat kesimpulan mengenai materi
|
10 menit
|
Pertemuan 3-4
Tahapan
Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
Materi :
5.
kondisi ekonomi diberbagai
daerah di Indonesia pada masa antara Perang Dunia I dan II
6.
faktor-faktor penyebab dan
menyusun kronologi Perang Dunia II
7.
bentuk-bentuk perlawanan
rakyat dan pergerakan kebangsaan Indonesia di berbagai daerah pada masa
pendudukan Jepang
(Pada buku IPS untuk SMP/MTS KELAS IX halaman32-39))
Pendahuluan :
v Pembukaan : salam, doa
v Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan
dan kerapian kelas.
v Apersepsi :
1. Motivasi, dapat dilakukan
dengan mengajukan pertanyaan misalnya :
Mengapa Perang Dunia II terjadi?
Apa saja yang mendorong terjadinya
Perang Dunia II?
|
10 menit
|
|
Dalam kegiatan inti guru :
a.
Mengarahkan siswa untuk
membaca buku sumber dan mengamati gambar gambar yang berkaitan Perang Dunia
II
b.
Siswa memperhatikan
penjelasan Guru
c.
Siswa diberi kesempatan untuk
menanyakan hal-hal yang tidak dimengerti siswa.
|
50 menit
|
Kegiatan Penutup
|
Dalam kegiatan penutup, guru:
o
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal telah dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran.
o
bersama-sama dengan peserta
didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
o
Memberikan
(PR) tugas rumah berupa ringkasan materi.
|
10 menit
|
F. Penilaian
Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
·
Menjelaskan
secara kronologis Perang Dunia II
·
Mengidentifikasi
pihak-pihak dalam Perang Dunia II di Asia Pasifik serta pendudukan militer Jepang di Indonesia
·
Mengetahui
akibat perang Dunia ke II
·
Menjelaskan
pengaruh kebijakan pemerintah pendudukan Jepang terhadap kehidupan
ekonomi,sosialdan pergerakan kebangsaan Indonesia
·
Mendeskripsikan
bentuk-bentuk perlawanan rakyat dan pergerakan kebangsaan Indonesia di berbagai daerah pada
masa pendudukan Jepang
|
Tes tertulis
|
Tes
Essay
|
1. Memberikan tugas kepada siswa untuk
menguraikan secara kronologis latar belakang terjadinya Perang Dunia I dari
awal sampai akhir beserta akibat yang ditimbulkannya.
|
Rubrik Penilaian Aktifitas Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek penilaian
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan aspek
yang dinilai skor
maksimal
A. Aktivitas diskusi
B. Kualitas jawaban
C. Sikap dalam diskusi
Jumlah skor
maksimal
Nilai = skors
perolehan : 20 x 5 = 100 (bobot 20)
Pedoman penskoran.
1. Tes Lembar kerja siswa :
bobot 50
2. Produk /PR : bobot 30
3. Diskusi : bobot 20
Pedoman penskoran
:
Nilai = (nilai lembar kerja siswa x 50) + (nilai produk/PR x 30)+(nilai diskusi x 20)
100
Pekanbaru, 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP
NEGERI 23 PEKANBARU
|
Guru MataPelajaran
Dermawati S.Pd
Nip. 19641205 199003 2 002
|
No comments:
Post a Comment