Follow by Email

Thursday, May 30, 2013

Dunia pendidikan Indonesia ku





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah          :              SMPN 23 PEKANBARU
Mata Pelajaran         :              Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester       :              IX / 1 (satu)
Alokasi Waktu         :              8 X 35 menit (4x pertemuan)

A.    Standar Kompetensi      
 Memahami perang Dunia ke II

B.     Kompetensi Dasar          
1.2 Mendes-kripsikan Perang Dunia II (termasuk penduduk-an Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia

C.    Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
a.       Mengidentifikasi latar belakang terjadinya Perang Dunia II
b.      Mengetahui pihak-pihak yang terlibat dalam perang Dunia II
c.       Memahami akibat perang Dunia II
d.      Mendiskripsikan pengaruh Perang Dunia I terhadap kehidupan politik di Indonesia
e.       Mendeskripsikan kondisi ekonomi diberbagai daerah di Indonesia pada masa antara Perang Dunia I dan II
f.       Mengidentifikasikan faktor-faktor penyebab dan menyusun kronologi Perang Dunia II
g.      Mendiskripsikan bentuk-bentuk perlawanan rakyat dan pergerakan kebangsaan Indonesia di berbagai daerah pada masa pendudukan Jepang

D.    Materi Ajar
1.      latar belakang terjadinya Perang Dunia II
2.       pihak-pihak yang terlibat dalam perang Dunia II
3.      akibat perang Dunia II
4.      pengaruh Perang Dunia I terhadap kehidupan politik di Indonesia
5.      kondisi ekonomi diberbagai daerah di Indonesia pada masa antara Perang Dunia I dan II
6.      faktor-faktor penyebab dan menyusun kronologi Perang Dunia II
7.      bentuk-bentuk perlawanan rakyat dan pergerakan kebangsaan Indonesia di berbagai daerah pada masa pendudukan Jepang

A.    Metode Pengajaran :
a. Ceramah bervariasi
b. Tanya jawab
c. Penugasan
Model pembelajaran

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1-2
Tahapan
Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
   Pendahuluan
Materi           : 
1.      latar belakang terjadinya Perang Dunia II
2.      pihak-pihak yang terlibat dalam perang Dunia II
3.      akibat perang Dunia II
4.      pengaruh Perang Dunia I terhadap kehidupan politik di Indonesia
(Pada buku IPS untuk SMP/MTS KELAS IX halaman 15-31)

Pendahuluan  :
v  Pembukaan : salam, doa
v  Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.    
v  Apersepsi            :
Apa itu perang?
10 menit

Dalam kegiatan inti guru :
F Siswa mengamati gambar mengenai perang Dunia ke II
F Siswa memperhatikan penjelasan dari guru.
F Melakukan tanya jawab antara guru-siswa maupun antar siswa mengenai:
Ø  Latarbelakang dan sebab perang Dunia I
Ø  Pihak yang terlibat dalam perang dunia I
Ø  Jalannya Perang Dunia I
Ø  Akibat perang dunia I
Ø  Kondisi Indonesia pada masa antara PD I dan PD II
F Memberikan tugas kepada siswa untuk menguraikan secara kronologis latar belakang terjadinya Perang Dunia I dari awal sampai akhir beserta akibat yang ditimbulkannya.
50 menit
Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:
o   Siswa diberikan kesempatan untuk menanyakan tentang hal-hal yang belum dimengerti siswa
o   Guru bersama siswa bertanya jawab dan meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
o   bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
o   memberikan tugas rumah berupa meringkas/membuat kesimpulan mengenai materi
10 menit










Pertemuan 3-4
Tahapan
Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
   Pendahuluan
Materi           : 
5.      kondisi ekonomi diberbagai daerah di Indonesia pada masa antara Perang Dunia I dan II
6.      faktor-faktor penyebab dan menyusun kronologi Perang Dunia II
7.      bentuk-bentuk perlawanan rakyat dan pergerakan kebangsaan Indonesia di berbagai daerah pada masa pendudukan Jepang
(Pada buku IPS untuk SMP/MTS KELAS IX halaman32-39))
Pendahuluan  :
v  Pembukaan : salam, doa
v  Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.    
v  Apersepsi            :
1. Motivasi, dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan misalnya :
Mengapa Perang Dunia II  terjadi?
Apa saja yang mendorong terjadinya Perang Dunia II?
10 menit

Dalam kegiatan inti guru :
a.       Mengarahkan siswa untuk membaca buku sumber dan mengamati gambar gambar yang berkaitan Perang Dunia II
b.      Siswa memperhatikan penjelasan Guru
c.       Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang tidak dimengerti siswa.
50 menit
Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:
o   Guru bertanya jawab tentang hal-hal telah dipelajari sebagai umpan balik pembelajaran.
o   bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
o   Memberikan (PR) tugas rumah berupa ringkasan materi.
10 menit
F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh
Instrumen
·   Menjelaskan secara kronologis Perang Dunia II
·   Mengidentifikasi pihak-pihak dalam Perang Dunia II di Asia Pasifik serta pendudukan militer Jepang di Indonesia
·   Mengetahui akibat perang Dunia ke II
·   Menjelaskan pengaruh kebijakan pemerintah pendudukan Jepang terhadap kehidupan ekonomi,sosialdan pergerakan kebangsaan Indonesia
·   Mendeskripsikan bentuk-bentuk perlawanan rakyat dan pergerakan kebangsaan Indonesia di berbagai daerah pada masa pendudukan Jepang
Tes tertulis




Tes Essay







1.   Memberikan tugas kepada siswa untuk menguraikan secara kronologis latar belakang terjadinya Perang Dunia I dari awal sampai akhir beserta akibat yang ditimbulkannya.


Rubrik Penilaian Aktifitas Diskusi

No

Nama Siswa
Aspek penilaian
Jumlah skor

Nilai
1
2
3
4
5






































Keterangan aspek yang dinilai                                                skor maksimal
A.    Aktivitas diskusi
B.     Kualitas jawaban
C.     Sikap dalam diskusi

Jumlah skor maksimal
Nilai = skors perolehan : 20 x 5 = 100 (bobot 20)
Pedoman penskoran.
1.      Tes Lembar kerja siswa           :           bobot 50
2.      Produk            /PR                              :           bobot 30
3.      Diskusi                                    :           bobot 20
Pedoman penskoran :
Nilai  =  (nilai lembar kerja siswa x 50) + (nilai produk/PR x 30)+(nilai diskusi x 20)
100




Pekanbaru,                                      2012
                                                                                                                                          
  




Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP NEGERI 23 PEKANBARU


         Dra.Yusnaeti Ardina, M.Pd

          NIP. 19640125 198512 2 001
  Guru MataPelajaran   

            Dermawati S.Pd   
   Nip. 19641205 199003 2 002