RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP NEGERI
23 PEKANBARU
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : IX
/ 1 (satu)
Alokasi Waktu : 2
X 35 menit (1x pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
1.
Memahami kondisi perkembangan
negara di dunia
B.
Kompetensi Dasar
1.1. Mengidentifikasi ciri-ciri
negara berkembang dan negara maju
C.
Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai kegiatan
pembelajaran, siswa dapat :
a. Memahami pengertian Negara maju dan berkembang.
b. Mengidentifikasikan ciri-ciri negara maju dan negara berkembang.
c. Memberi contoh negara-negara yang tergolong kedalam negara maju dan negara
berkembang beserta alasannya.
D.
Materi Ajar
Negara Maju
dan Negara Berkembang
a. Pengertian
negara maju dan negara berkembang
b. ciri-ciri
negara maju dan negara berkembang
c. contoh-contoh
Negara yang tergolong Negara maju dan Negara berkembang
E. Metode Pembelajaran
a.
Metode
·
Ceramah bervariasi
·
Diskusi
·
Tanya jawab
·
Penugasan
F. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan pertama
Tahapan
Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
Materi :
a.
Pengertian negara maju dan negara berkembang
b. ciri-ciri
negara maju dan negara berkembang
c. contoh-contoh
Negara yang tergolong Negara maju dan Negara berkembang
(Pada buku
IPS SMP/MTS KELAS IX halaman 1)
Pendahuluan :
1. Memeriksa kehadiran siswa,
kebersihan dan kerapihan kelas
2. Memberikan motivasi kepada
siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
3. Apersepsi ( pengetahuan
prasarat ) :
- Secara umum, pembagian negara
dikategorikan menjadi negara maju dan berkembang. Bagaimana dengan kondisi
negara kita, Apakah kah Indonesia
termasuk Negara berkembang?
|
10 menit
|
|
Dalam kegiatan inti guru :
F
Guru menunjukkan gambar
Negara maju dan berkembang
F
Guru mejelaskan materi
F
Tanya jawab antara guru-siswa
dan antar siswa mengenai ciri-ciri negara maju
F
Tanyajawab antara guru-siswa
dan antar siswa mengenai ciri-ciri negara berkembang
F
Siswa diberikan tugas berupa
Tugas kemandirian halaman 9 pada buku IPS SMP/MTS Kelas IX.
|
50 menit
|
Kegiatan Penutup
|
Dalam kegiatan penutup, guru:
o
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
o
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan mengenai yang telah
dipelajari bersama.
o
bersama-sama dengan peserta
didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
o
Memberikan
(PR) tugas rumah berupa Memberikan tugas induvidual
agar siswa mencari data dari koran/majalah/media lainnya dan mengelompokkan
mana Negara yang termasuk :
a. Negara maju
b. Negara berkembang.
|
10 menit
|
G. SUMBER DAN MEDIA
PEMBELAJARAN
F
Sumber buku IPS yang relefan
·
Buku IPS yang relevan Suparman,
dkk.2012.Ilmu pengetahuan sosial,Jakarta;PT Tiga serangkai putra mandiri
·
Sutarto, dkk. 2008. IPS SMP/MTS
Kelas IX, Surakarta;Pusat perbukuan Depdiknas
F
Koran/ majalah.
F
Media
1.
Spidol.
2. Skema pembelajaran/peta konsep
3. Gambar-gambar berkaitan tentang Negara
maju dan berkembang.
H.
PENILAIAN HASIL BELAJAR
Tugas
kemandirian halaman 9 pada buku IPS SMP/MTS Kelas IX.
Rubrik Penilaian Aktifitas Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek penilaian
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan aspek
yang dinilai skor
maksimal
A. Aktivitas diskusi
B. Kualitas jawaban
C. Sikap dalam diskusi
Jumlah skor
maksimal
Nilai = skors
perolehan : 20 x 5 = 100 (bobot 20)
Pedoman penskoran.
1. Tes Lembar kerja siswa :
bobot 50
2. Produk /PR : bobot 30
3. Diskusi : bobot 20
Pedoman penskoran
:
Nilai = (nilai lembar kerja siswa x 50) + (nilai produk/PR x 30)+(nilai diskusi x 20)
100
Pekanbaru, 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP
NEGERI 23 PEKANBARU
|
Guru MataPelajaran
Dermawati S.Pd
Nip. 19641205 199003 2 002
|
No comments:
Post a Comment