RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP NEGERI 23 PEKANBARU
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : IX / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 3.
Memahami perubahan sosial budaya
Kompetensi Dasar : 3.2 Menguraiakan perilaku masyarakat dalam
perubahan Sosial Budaya di Era
Globalisasi.
Alokasi Waktu :
2 X 35 menit (1x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi siswa diharapkan mampu :
1.
Memahami
Modernisasi dan Globalisasi.
2.
Memahami dampak modernisasi dan
Globalisasi.
3.
Memberi contoh perilaku
masyarakat sebagai respon terhadap adanya perubahan sosial budaya.
B. Materi Pembelajaran:
1.
Modernisasi
dan Globalisasi.
2.
Dampak modernisasi dan
Globalisasi.
3.
perilaku masyarakat sebagai
respon terhadap adanya perubahan sosial budaya.
C. Metode Pengajaran:
1.
Ceramah bervasiasi
2.
Diskusi
3.
Tanya Jawab
Model
pembelajaran Make a match yaitu memasangkan/mencocokkan jawaban pada lembar kerja.
D. Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan
1
Kegiatan
|
Waktu
|
|
Materi :
1.
Modernisasi dan Globalisasi.
2.
Dampak modernisasi dan
Globalisasi.
3.
perilaku masyarakat sebagai
respon terhadap adanya perubahan sosial budaya.
Pendahuluan :
v
Pembukaan
: salam, doa
v
Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian
kelas.
v
Motivasi dengan beberapa pertanyaan misalnya :
1.
Apakah ada perubahan di desamu dalam 3 tahun terakhir?
Apersepsi :
2.
Mengapa Masyarakat itu selalu berubah dari waktu ke
waktu.
|
10
menit
|
|
Dalam kegiatan inti :
F Guru meminta siswa untuk mengamati peraga berupa gambar-gambar/foto.
F Siswa diminta menyebutkan kronologi respon masyarakat terhadap
perubahan.
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran,
dan sumber belajar lain;
F guru menjelaskan materi;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan
pembelajaran.
F
Memberikan tugas berupa
lembar kerja siswa dengan perintah mencocokkan pertanyaan dengan jawaban dengan garis panah
|
55
menit
|
|
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
F
bersama-sama dengan peserta
didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F
memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
memberikan
tugas rumah (PR) berupa meringkas materi pelajaran
|
5
|
E. Sumber Belajar;
Sumber :
1. Suparman, dkk.2012.Ilmu
pengetahuan sosial,Jakarta;PT Tiga serangkai putra mandiri
2. Sutarto,
dkk. 2008. IPS SMP/MTS Kelas IX, Surakarta;Pusat perbukuan Depdiknas
Alat :
·
Spidol.
·
Gambar
yang berkaitan dengan contoh-contoh dan bentuk perubahan sosial/prilaku
sosial
·
Lembar kerja
F. Penilaian Hasil Belajar:
Indikator pencapaian kompetensi :
menjawab pertanyaan berkaitan dengan perilaku masyarakat dalam perubahan Sosial
Budaya di Era Globalisasi.
·
Teknik : mencocokkan
pertanyaan dengan jawaban dengan garis panah
·
Bentuk Instrumen : kolom make a match atau kolom mencocokkan
jawaban.
Penskoran
Nilai
No
|
Soal
|
Alternatif
jawaban
|
Skor
Maksimal
|
1.
|
1. Modernisasi merurut Widjojo
Nitisastro….
2. Modernisasi merurut soerjono
soekanto….
3. Pengertian globalisasi…
4. Unsur globalisasi yang sukar
diterima…
5. Unsur globalisasi yang mudah
diterima…
6. Dampak positif modernisasi dan
globalisasi terhadap perubahan sosial dan budaya…
7. Dampak Negatif modernisasi dan
globalisasi terhadap perubahan sosial dan budaya…
8. Pola pikir masyarakat
tradisional…
9. Penyebab masyarakat mudah
menerima budaya asing..
10. Unsur yang terkandung dalam
pola pikir masyarakat modern..
|
1. Suatu transformasi total dari kehidupan bersama yang
tradisional atau pramodern dalam arti teknologi serta organisasi sosial, kearah pola-pola
ekonomis dan politik
2. Suatu bentuk dari perubahan
sosial yang terarah yang didasarkan pada suatu perencanaan yang biasanya
dinamakan social planinng .
3. Proses penyebaran unsur-unsur
baru khususnya yang menyangkut informasi secara mendunia melalui media cetak
dan elektronik.
4. Teknologi yang rumit dan mahal,
unsure budaya luar yang bersifat ideology dan religi, dan unsur budaya yang
sukar disesuaikan dengan masyarakat.
5. Unsur yang disesuaikan dengan
kebutuhan dan kondisi masyarakat, teknologi tepat guna, teknologi langsung
dan mudah diterima, pendidikan formal disekolah.
6. Tata nilai dan sikap,
berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, tingkat kehidupan yang
lebih baik
7. Pola hidup komsumtif, sikap
individualistic, gaya hidup kebarat-baratan, kesenjangan sosial.
8. Bersifat sederhana, memiliki
daya guna, dan produktifitas rendah, bersifat tetap, memiliki sifat irasional
9. Karena unsur budaya asing
tersebut membawa kemudahan bagi kehidupannya
10. Bersifat dinamis selalu berubah
mengikuti perkembangan zaman, berdasrkan akal fikiran, tidak mengandalkan
kebiasaan atau tradisi.
|
100
|
Jumlah skor
|
100
|
||
Pengolahan menjadi nilai (100x5) : 10
|
50
|
Rubrik
Penilaian Aktifitas Diskusi kelompok
No
|
Nama Siswa
|
Aspek penilaian
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan aspek yang dinilai skor maksimal
1.
Aktivitas diskusi
2.
Kualitas jawaban
3.
Sikap dalam diskusi
Jumlah skor maksimal
Nilai = skors perolehan : 20x5 = 100 (bobot 100)
Pedoman penskoran.
1.
Tes Lembar kerja siswa
: bobot 50
2.
Produk /PR : bobot 30
3.
Diskusi : bobot 20
Pedoman penskoran :
Nilai = (nilai lembar kerja siswa x 50)+(nilai produk/PR
x 30)+(nilai diskusi x 20)
100
Pekanbaru, 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP
NEGERI 23 PEKANBARU
|
Guru MataPelajaran
Dermawati S.Pd
Nip. 19641205 199003 2 002
|
No comments:
Post a Comment