RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SMP NEGERI 23 PEKANBARU
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : IX / I
Alokasi : 4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
A.
Standar Kompetensi
4.
Memahami lembaga keuangan dan perdagangan Internasional.
B.
Kompetensi Dasar
4.2.
Kemampuan memahami perdagangan Internasional dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia
C.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi siswa diharapkan mampu :
1.
Mendiskusikan pengertian
perdagangan Internasional.
2.
Mendeskripsikan
faktor-faktor yang mempengaruhi timbulnya perdagangan Internasional.
3.
Mendeskripsikan manfaat perdagangan Internasional.
4.
Mengidentifikasi hambatan.
5.
Mengidentifikasi
perbedaan perdagangan dalam negeri dengan perdagangan Internasional.
6.
Mengidentifikasi
komoditi ekspor di Indonesia.
7.
Mengidentifikasi komoditi impor
di Indonesia
8.
Mendiskusikan pengertian
devisa.
9.
Mengidentifikasi fungsi devisa.
10.
Mendeskripsikan jenis-jenis
devisa.
11.
Mengidentifikasikan
sumber-sumber devisa.
12.
Mengidentifikasikan tujuan
penggunaan devisa.
13.
Mengidentifikasikan dampak
perdagangan Internasional terhadap perekonomian Indonesia.
D. Materi Pembelajaran
- Pengertian Bursa Valuta Asing
- Penggunaan jasa bursa Valuta Asing
- Fungsi Pasar Valuta Asing
- Pengertian perdagangan Internasional.
- Faktor-faktor yang mempengaruhi timbulnya perdagangan Internasional.
- Faktor-faktor penghambat perdagangan Internasional
- Perbedaan perdagangan dalam negeri dengan perdagangan Internasional.
- Kegiatan Ekspor dan Impor
E. Metode Pengajaran:
1.
Ceramah bervasiasi
2.
Diskusi
3.
Tanya Jawab
4.
Observasi/Pengamatan.
5.
Penugasan
Model
pembelajaran : Screamble
F. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan pertama.
Tahapan
Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
Materi :
(Pada buku IPS untuk SMP/MTS KELAS IX halaman 159-163)
Pendahuluan :
v Pembukaan : salam, doa
v Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan
dan kerapian kelas.
v Apersepsi :
1.
Apersepsi : Diingatkan kembali pelajaran yang telah
lalu tentang lembaga keuangan selain bank..
2. Motivasi :
Menampilkan gambar beberapa mata
uang asing di dunia.
|
10 menit
|
|
Dalam kegiatan inti guru :
v Peserta didik memperhatikan gambar beberapa mata uang asing.
v Guru menjelaskan materi mengenai Pengertian Bursa Valuta Asing
v Guru menjelaskan materi mengenai Penggunaan jasa bursa Valuta
Asing
v Guru menjelaskan materi mengenai Fungsi Pasar Valuta Asing
v Guru menjelaskan materi mengenai Pengertian perdagangan
Internasional.
v Guru menjelaskan materi mengenai Faktor-faktor yang mempengaruhi timbulnya
perdagangan Internasional.
v Guru menjelaskan materi mengenai Faktor-faktor penghambat perdagangan
Internasional
|
50 menit
|
Kegiatan Penutup
|
Dalam kegiatan penutup, guru:
v Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya hal yang tidak
dimengerti.
v bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
v Memberikan (PR) tugas rumah berupa ringkasan
materi.
|
10 menit
|
Pertemuan kedua
Tahapan
Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
Materi :
(Pada buku IPS untuk SMP/MTS KELAS IX halaman )
Pendahuluan :
v Pembukaan : salam, doa
v Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan
dan kerapian kelas.
v Apersepsi :
1. Apersepsi : menjelaskan perbedaan
perdagangan dalam negeri dan luar negeri.
2.
Motivasi : tanya jawab tentang perdagangan dalam
negeri dan luar negeri.
a. Sebutkan contoh-contoh komoditi
ekspor dan impor Indonesia?
|
10 menit
|
|
Dalam kegiatan inti guru :
v Peserta didik memperhatikan penjelasan pendidik.
v Guru menjelaskan materi mengenai perbedaan perdagangan dalam
negeri dengan perdagangan internasional
v Guru menjelaskan mengenai Kegiatan Ekspor dan Impor.
v Guru Menjelaskan mengenai Dampak perdagangan internasional
v memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran,
berupa lembar kerja siswa berupa acak kata / Sceamble.
|
50 menit
|
Kegiatan Penutup
|
Dalam kegiatan penutup, guru:
o
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
o
Guru meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan mengenai yang telah dipelajari.
o
Memberikan
(PR) tugas rumah berupa membuat kliping 5 contoh
barang ekspor dan 5 contoh barang impor .
|
10 menit
|
G. SUMBER DAN MEDIA
PEMBELAJARAN
F
Sumber buku IPS yang relefan
·
Buku IPS yang relevan Suparman,
dkk.2012.Ilmu pengetahuan sosial,Jakarta;PT Tiga serangkai putra mandiri
·
Sutarto, dkk. 2008. IPS SMP/MTS
Kelas IX, Surakarta;Pusat perbukuan Depdiknas
F
Koran/ majalah.
F
Media
1.
Spidol.
2. Skema pembelajaran/peta konsep
3. Gambar-gambar berkaitan tentang
Perdagangan internasional.
4. Gambar mata uang asing.
5. Gambar barang-barang komoditi ekspor dan
impor
H. Penilaian Hasil Belajar:
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Mendefinisikan pengertian perdagangan dan faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya perdagangan
internasional
Ü Mengidentifikasi manfaat perdagangan
internasional
Ü Mengidentifikasi hambatan perdagangan internasional
Ü Mengidentifikasi perbedaan perdagangan dalam negeri dengan perdagangan internasional
Ü Mengidentifikasi komoditi
ekspor/impor Indonesia.
Ü Dampak perdagangan
internasional terhadap perekonomian
Indonesia
|
Tes tulis
Tes Lisan
Tes Lisan
penugasan
Tes Lisan
Tes lisan
Tes lisan
Penugasan
-
Tes tertulis
|
Daftar pertanyaan
Daftar Pertanyaan
Daftar Pertanyaan
Pekerjaan rumah/ PR
Daftar Pertanyaan
Daftar pertanyaan
Daftar
pertanyaan
PR /tugas rumah
Lembar
kerja siswa acak kata/screamble
|
Ü Jelaskan pengertian penyebab timbulnya perdagangan internasional
Ü Sebutkan manfaat perdagangan internasional
bagi negara-negara berkembang
Ü Ssebutkan apa hambatan perdagangan internasional
Ü membuat tabel valuta asing beberapa Negara . termasuk nilai kurs jual
dan beli. (sumber internet)
Ü Tentukan beberapa hal yang membedakan perdagangan dalan
negeri dengan perdagangan Internasional
Ü Jenis komoditi ekspor Indonesia adalah……
Ü Apakah devisa itu ?
Ü Sebutkan dampak positif maupun negatif perdagangan internasional terhadap
perekonomian Indonesia!
Membuat
daftar contoh barang ekspor dan
impor.
Bentuk acak kata
dengan mengisi kolom pengertian dan kepanjangan dari sebuah singkatan( model screamble)
|
Penskoran Nilai
No
|
Soal
|
Alternatif jawaban
|
Skor Maksimal
|
1.
|
Lembar kerja siswa bentuk
acak kata/screamble
1. UTAVAL SINGA
2. NEYMO NGERCHA
3. POREKS
4. CANERA
5. TPCI
6. PORTIREKS
7. DINKA
8. PORIM
9. GASMI
10. TIRPORIM
|
1. VALUTA ASING Adalah Mata uang asing
2. MONEY CHANGER adalah Lembaga yang mengkhususkan kegiatannya dalam perdagangan mata uang
asing
3. EKSPOR adalah Kegiatan uang melakukan penjualan barang keluar negeri
4. NERACA adalah Catatan yang mencatat nilai aktivitas ekonominya yang dilakukan
dengan Negara lain.
5. ITPC adalah (Indonesian Trade Promotion center) merupakan kantor-kantor pusat
promosi dagang Indonesia yang mengusahakan agar produk-produk Indonesia
dikenal di Luar Negeri
6. EKSPORTIR adalah Orang atau badan badan yang melakukan kegiatan menjual barang keluar
negeri
7. KADIN adalah (Kamar dagang Industri)
8. IMPOR adalah Kegiatan yang melakukan pembelian barang dari luar negeri untuk
dijual didalam negeri.
9. MIGAS adalah (Minyak bumi dan gas alam) Salah satu barang yang
diekspor keluar negeri
10. IMPORTIR adalah Orang atau badan yang melakukan kegiatan membeli barang dari luar
negeri dan menjual didalam negeri.
|
10
10
10
10
10
10
10
10
10
10
|
Jumlah skor
|
100
|
||
Pengolahan menjadi nilai (100x5) : 10
|
(bobot 50)
|
Rubrik Penilaian Aktifitas Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek penilaian
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan aspek
yang dinilai skor
maksimal
A. Aktivitas diskusi
B. Kualitas jawaban
C. Sikap dalam diskusi
Jumlah skor
maksimal
Nilai = skors perolehan
: 20 x 5 = 100 (bobot 20)
Pedoman penskoran.
1. Tes Lembar kerja siswa :
bobot 50
2. Produk /PR : bobot 30
3. Diskusi : bobot 20
Pedoman penskoran
:
Nilai = (nilai lembar kerja siswa x 50) + (nilai produk/PR x 30)+(nilai diskusi x 20)
100
Pekanbaru, 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP
NEGERI 23 PEKANBARU
|
Guru MataPelajaran
Dermawati S.Pd
Nip. 19641205 199003 2 002
|
No comments:
Post a Comment