Thursday, May 30, 2013

Dunia pendidikan Indonesia_ku



RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah             :     SMP NEGERI 23 PEKANBARU
Mata Pelajaran            :    Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester          :     IX / I
Alokasi                        :     4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )

A.    Standar Kompetensi  
 4.  Memahami lembaga keuangan dan perdagangan  Internasional.                      
                
B.     Kompetensi Dasar    
4.2. Kemampuan memahami perdagangan Internasional dan dampaknya  terhadap perekonomian Indonesia

C.    Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi siswa diharapkan mampu :
1.        Mendiskusikan pengertian perdagangan Internasional.
2.        Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi timbulnya perdagangan Internasional.
3.        Mendeskripsikan  manfaat perdagangan Internasional.
4.        Mengidentifikasi hambatan.
5.        Mengidentifikasi perbedaan perdagangan dalam negeri dengan perdagangan Internasional.
6.        Mengidentifikasi komoditi ekspor di Indonesia.
7.        Mengidentifikasi komoditi impor di Indonesia
8.        Mendiskusikan pengertian devisa.
9.        Mengidentifikasi fungsi devisa.
10.    Mendeskripsikan jenis-jenis devisa.
11.    Mengidentifikasikan sumber-sumber devisa.
12.    Mengidentifikasikan tujuan penggunaan devisa.
13.    Mengidentifikasikan dampak perdagangan Internasional terhadap perekonomian Indonesia.

D.    Materi Pembelajaran
  1. Pengertian Bursa Valuta Asing
  2. Penggunaan jasa bursa Valuta Asing
  3. Fungsi Pasar Valuta Asing
  4. Pengertian perdagangan Internasional.
  5. Faktor-faktor yang mempengaruhi timbulnya perdagangan Internasional.
  6. Faktor-faktor penghambat perdagangan Internasional
  7. Perbedaan perdagangan dalam negeri dengan perdagangan Internasional.
  8. Kegiatan Ekspor dan Impor

E.     Metode Pengajaran:
1.      Ceramah bervasiasi
2.      Diskusi
3.      Tanya Jawab
4.      Observasi/Pengamatan.
5.      Penugasan
Model pembelajaran : Screamble









F.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama.
Tahapan
Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
   Pendahuluan
Materi           :   
  1. Pengertian Bursa Valuta Asing
  2. Penggunaan jasa bursa Valuta Asing
  3. Fungsi Pasar Valuta Asing
  4. Pengertian perdagangan Internasional.
  5. Faktor-faktor yang mempengaruhi timbulnya perdagangan Internasional.
  6. Faktor-faktor penghambat perdagangan Internasional
(Pada buku IPS untuk SMP/MTS KELAS IX halaman 159-163)
Pendahuluan  :
v  Pembukaan : salam, doa
v  Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.    
v  Apersepsi            :
1.      Apersepsi :        Diingatkan kembali pelajaran yang telah lalu tentang lembaga keuangan selain bank..
2.      Motivasi    :        Menampilkan gambar beberapa mata uang asing di dunia.
10 menit

Dalam kegiatan inti guru :
v  Peserta didik memperhatikan gambar beberapa mata uang asing.
v  Guru menjelaskan materi mengenai Pengertian Bursa Valuta Asing
v  Guru menjelaskan materi mengenai Penggunaan jasa bursa Valuta Asing
v  Guru menjelaskan materi mengenai Fungsi Pasar Valuta Asing
v  Guru menjelaskan materi mengenai Pengertian perdagangan Internasional.
v  Guru menjelaskan materi mengenai Faktor-faktor yang mempengaruhi timbulnya perdagangan Internasional.
v  Guru menjelaskan materi mengenai Faktor-faktor penghambat perdagangan Internasional
50 menit
Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:
v  Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya hal yang tidak dimengerti.
v  bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
v  Memberikan (PR) tugas rumah berupa ringkasan materi.
10 menit

Pertemuan kedua

Tahapan
Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
   Pendahuluan
Materi           : 
  1. Perbedaan perdagangan dalam negeri dengan perdagangan Internasional.
  2. Kegiatan Ekspor dan Impor.
  3. Dampak perdagangan internasional
(Pada buku IPS untuk SMP/MTS KELAS IX halaman )
Pendahuluan  :
v  Pembukaan : salam, doa
v  Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.    
v  Apersepsi            :
1.      Apersepsi : menjelaskan perbedaan perdagangan dalam negeri dan luar negeri.
2.      Motivasi   :  tanya jawab tentang perdagangan dalam negeri dan luar negeri.
a.       Sebutkan contoh-contoh komoditi ekspor dan impor Indonesia?
10 menit

Dalam kegiatan inti guru :
v  Peserta didik memperhatikan penjelasan pendidik.
v  Guru menjelaskan materi mengenai perbedaan perdagangan dalam negeri dengan perdagangan internasional
v  Guru menjelaskan mengenai Kegiatan Ekspor dan Impor.
v  Guru Menjelaskan mengenai Dampak perdagangan internasional
v  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran, berupa lembar kerja siswa berupa acak kata / Sceamble.
50 menit
Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:
o   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
o   Guru meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan mengenai yang telah dipelajari.
o   Memberikan (PR) tugas rumah berupa membuat kliping 5 contoh barang ekspor dan 5 contoh barang impor .
10 menit


G.    SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
F Sumber buku IPS yang relefan
·         Buku IPS yang relevan Suparman, dkk.2012.Ilmu pengetahuan sosial,Jakarta;PT Tiga serangkai putra mandiri
·         Sutarto, dkk. 2008. IPS SMP/MTS Kelas IX, Surakarta;Pusat perbukuan Depdiknas
F Koran/ majalah.
F Media
1.      Spidol.
2.      Skema pembelajaran/peta konsep
3.      Gambar-gambar berkaitan tentang Perdagangan internasional.
4.      Gambar mata uang asing.
5.      Gambar barang-barang komoditi ekspor dan impor









H.    Penilaian Hasil Belajar: 
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Mendefinisikan pengertian  perdagangan dan faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya perdagangan internasional
Ü  Mengidentifikasi manfaat perdagangan internasional
Ü  Mengidentifikasi hambatan perdagangan internasional


Ü  Mengidentifikasi perbedaan perdagangan dalam negeri dengan perdagangan internasional
Ü  Mengidentifikasi komoditi ekspor/impor Indonesia.
Ü  Dampak perdagangan internasional terhadap perekonomian Indonesia

 Tes tulis




Tes Lisan

Tes Lisan

penugasan


Tes Lisan



Tes lisan

Tes lisan




Penugasan
-           
Tes tertulis
 Daftar pertanyaan



Daftar Pertanyaan
Daftar Pertanyaan
Pekerjaan rumah/ PR

Daftar Pertanyaan


 Daftar pertanyaan
Daftar pertanyaan



PR /tugas rumah
Lembar kerja siswa acak kata/screamble
Ü  Jelaskan pengertian penyebab timbulnya perdagangan internasional 
Ü  Sebutkan manfaat perdagangan internasional  bagi negara-negara berkembang
Ü  Ssebutkan apa hambatan perdagangan internasional

Ü  membuat tabel valuta asing beberapa Negara . termasuk nilai kurs jual dan beli. (sumber internet)
Ü  Tentukan beberapa hal yang membedakan perdagangan dalan negeri dengan perdagangan Internasional
Ü  Jenis komoditi ekspor Indonesia adalah……
Ü  Apakah devisa itu ?
Ü  Sebutkan dampak positif maupun negatif perdagangan internasional terhadap perekonomian Indonesia!
Membuat daftar contoh barang ekspor dan impor.

Bentuk acak kata dengan mengisi kolom pengertian dan kepanjangan dari sebuah singkatan( model screamble)
                                                                                   
Penskoran Nilai
No
Soal
Alternatif jawaban
Skor Maksimal
1.











Lembar kerja siswa bentuk acak kata/screamble
1.      UTAVAL SINGA
2.      NEYMO  NGERCHA
3.      POREKS
4.      CANERA
5.      TPCI
6.      PORTIREKS
7.      DINKA
8.      PORIM
9.      GASMI
10.  TIRPORIM


1.       VALUTA ASING Adalah Mata uang asing
2.      MONEY CHANGER adalah Lembaga yang mengkhususkan kegiatannya dalam perdagangan mata uang asing
3.      EKSPOR adalah Kegiatan uang melakukan penjualan barang keluar negeri
4.      NERACA adalah Catatan yang mencatat nilai aktivitas ekonominya yang dilakukan dengan Negara lain.
5.      ITPC adalah (Indonesian Trade Promotion center) merupakan kantor-kantor pusat promosi dagang Indonesia yang mengusahakan agar produk-produk Indonesia dikenal di Luar Negeri
6.      EKSPORTIR adalah Orang atau badan badan yang melakukan kegiatan menjual barang keluar negeri
7.      KADIN adalah (Kamar dagang Industri)
8.      IMPOR adalah Kegiatan yang melakukan pembelian barang dari luar negeri untuk dijual didalam negeri.
9.      MIGAS adalah (Minyak bumi dan gas alam) Salah satu barang yang diekspor keluar negeri
10.  IMPORTIR adalah Orang atau badan yang melakukan kegiatan membeli barang dari luar negeri dan menjual didalam negeri.


10
10

10

10

10





10



10
10



10


10
Jumlah skor
         100
Pengolahan menjadi nilai (100x5) : 10
 (bobot 50)

Rubrik Penilaian Aktifitas Diskusi

No

Nama Siswa
Aspek penilaian
Jumlah skor

Nilai
1
2
3
4
5





































Keterangan aspek yang dinilai                                                skor maksimal
A.    Aktivitas diskusi
B.     Kualitas jawaban
C.     Sikap dalam diskusi

Jumlah skor maksimal
Nilai = skors perolehan : 20 x 5 = 100 (bobot 20)



Pedoman penskoran.
1.      Tes Lembar kerja siswa           :           bobot 50
2.      Produk            /PR                              :           bobot 30
3.      Diskusi                                    :           bobot 20
Pedoman penskoran :
Nilai  =  (nilai lembar kerja siswa x 50) + (nilai produk/PR x 30)+(nilai diskusi x 20)
100


Pekanbaru,                                      2012



Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP NEGERI 23 PEKANBARU


         Dra.Yusnaeti Ardina, M.Pd

          NIP. 19640125 198512 2 001


      Guru MataPelajaran           

            Dermawati S.Pd   
   Nip. 19641205 199003 2 002


No comments:

Post a Comment